Sebuah Kemenangan di Asia Tenggara (Cont …)

Yep nampang dulu dikit wkekeke ^_^V. Yep masih crita lanjutan tentang Asean SKill Competition 7 di Kuala Lumpur Malaysia tahun 2008.
15 November 2008 adalah pertandingan hari kedua ganbattteeeeee !!!!. Abis mandi terus sarapan pagi di hotel Vistana kesayangan kita para competitor lanjut lagi ke CIDB tempat pertandingan ASC. Di hari kedua ini tugas gw adalah menyelesaikan modul 3 yaitu pembuatan scripting web pake XHTML sehingga semua halaman web static gw bisa di publish. Ya seperti biasa setelah kalimat “Oke start” dari Chief Expert semua kompetitor mulai cetak cetek di keyboard buat bikin scripting web. kalo gw ya tinggal melanjutkan rencana gw yaitu selesain 30% sisa kerjaan skripting gw abis itu lanjut ke peng kodingan PHP buat dynamic Web, penambahan fitur web and CMS (Content Management System ) buat administrator. Setelah cetak2 kesana kemari and tas test tas test tampilan web di web browser kesayangan yaitu Internet Explorer and FIrefox akkhirnya waktu buat break tiba. Ya biasalah waktu buat makan siang and laporan ama trainer progress kerjaannya gimana. Gw bilang sih masih oke blon ada halangan and kerjaan scripting web gw udah selesai semua sesuai rencana gw jadi ntar gw tinggal lanjutin pengerjaan modul terakhir yang harusnya besok baru dikerjain. Gw buat waktunya kejar2 kayak gitu karena gw udah perhitungin kalo pengerjaan modul hari terakhir itu waktunya melebihi waktu yang dikasih kalo gw kerjaan dengan cara normal, makanya dari awal gw pasang target buat mipil kerjaan hari2 yang berikutnya. Berdasarkan laporan dari trainer yang sekaligus bagian dari tim juri kerjaan kami dari INdonesia buat Web Project Plan paling lengkap and nilainya paling tinggi. Sep dalam hati gw berarti hari pertama gw udah curi point dari negara lain tinggal kerjain hari kedua dengan goood aja pokoknya.
Abis break makan and sholat gw lanjut lagi buat kompetisi. Sesi kedua habis break lanjut lagi, masih aja cetak cetek buat sempurnain script XHTML gw. Oke semua layout web gw udah lengkap, XHTML gw perkirakan nggak ada yang error and semua kriteria pembuatan web static kayaknya sih udah lengkap. Oke gw hajar ke pembuatan code PHP yang harusnya dibuat pada hari ketiga yaitu besok. Gw mulai dengan pembuatan modul registrasi member dilanjutkan dengan CMS bagian member untuk admin, terus penyambungan content dengan database dll lah pokoknya. setelah cetak cetek sekian lama akhirnya waktu selesai and seperti biasa gw blon selesai nyelesain bagian code ini, ya nggak papalah kan jatahnya buat besok, berarti besok gw punya waktu cukup panjang buat selesain script karena hari ini gw udah 40% script selesai, jadi besok tinggal selesain sisanya.
Abis selesai pertandingan dihari kedua gw iseng2 aja liat2 desain competitor dari negara lain yg sebenernya nggak mau gw lakuin dari dulu pas gw lagi tanding beginiian. Soalnya kalo kita liat desain web lawan kita pasti akhir2 nya bisa jadi drop gara2 ngiri dengan desain orang lain. Eh ternyata beneran pas gw curi2 pandang desain orang lain muke gileeee keren2 bener desain kompetitor2 itu walaupun gw nggak liat secara keseluruhan mereka jadinya gimana. Tapi dengan liat sebagian dari kerjaan mereka beeeehhhhhh langsung seketika perasaan gw jadi dag dig dug dueerrr…. keren bener desain web mereka ya walaupun ada beberapa yang gw liat standard tapi gw liat sebagian besar dari kompetitor emang kompeten buat jadi web desainer…. bener2 desain yang gw bilang “desain kayak gini yang sebenernya gw mo biat” tapi masih blon bisa. Tapi walaupun gw udah liat desain web mereka kayak gitu gw masih berniat untuk berjuang, dalam hati gw bilang “ayo jangan menyerah pertandingan blon selesai, ini itu perang, perang dengan diri sendiri adalah peperangan yang paling berat. Lu udah sampai sini jangan berhenti gitu aja. GIla lu mo berhenti secara lu sekarang udah sampai di tingkat internasional, lu udah menyingkirkan pesaing2 lu di indonesia masa lu sampe sini aja nyerah. Malu-maluin indonesia aja and kompetitor2 lain di indonesia” ya kata2 itulah yang terbersit dalam hati gw. Gw merenung and berkata dalam diri gw sendiri “Peperangan paling besar adalah peperangan dengan diri lu sendiri, and lu dikatakan pemenang jika bisa menaklukan diri and rasa takut lu sendiri. Lu udah di training selama 1 tahun and melewati beberapa seleksi yang nggak bisa dianggep sepele untuk bisa sampe kesini. Lu berjuang dari 0 yang lu nggak punya kemampuan apa2 sampe lu punya kemampuan ini setelah selama ini belajar dan merenung. Ini merupakan hasil dari pembelajaran lu selama 1 tahun, hasil penyeleksian lu dari sekian banyak yang ingin sampe maju ke tingkat ini. 1 tahun lu udah berlatih keras and hampir mengorbankan beberapa hal untuk ke tingkat ini, so nggak ada alasan lagi buat menyerah dan punya rasa menyerah bahkan berpikir untuk menyerah. Saat ini merupakan masa dimana lu membuktikan hasil latihan lu and membuktikan bahwa lu adalah orang yang memang terpilih untuk mengemban tugas ini.” Dengan kata2 kayak gitu di hati gw jadi sadar besok adalah pertandingan terakhir and gw bakal habis2 an di hari itu gw bakal selesain semua yang gw mulai. Nggak ada namanya kata “Menyerah“. Lanjut terus sampe tetes keringan terakhir mo jari pegel2 kek buat ngetik masa bodo lu harus kasih semua yang lu punya.
16 November 2008 adalah hari ketiga pertandingan hari terakhir gw and hari penentuan gw. Oke dihari ini gw harus selesain semua fungsi dari web gw pake code PHP. Yap sesuai rencana gw tinggal selesain 60-70 persen kerjaan gw karena udah dipipil hari kemaren. Cetak-cetek keyboard komputer dari jam 9 pagi diputus break trus cetak cetek lagi sampe jam 4. Akhirnya selesai juga semua fungsi web nya, CMS udah kelar juga terus 1 jam buat tes2 lagi kali2 aja ada yang kelewatan. Akhirnya selesai waktu and kerjaan kelar sesuai dengan rencana. Padahal pas latihan gw bisa selesai dengan waktu 2 hari pengerjaan tapi ternyata kondisi di kompetisi beda. Waktu pengerjaan web gw di waktu kompetisi ini bisa lebih dari 2 hari. Tapi emang kompetisi ini dipengaruhi faktor nervous juga sih, untuk pas latihan gw belajar buat teken waktu 2 hari selesai coba kalo pas latihan gw nyante2 aja dikasih 3 hari buat latihan ya 3 hari itu gw latihan pasti pas lomba sekarang kerjaan gw nggak bakal kelar.
Dengan berakhirnya hari ini berarti berakhir juga waktu kompetisi. Semua kompetitor kumpul bareng buat photo session and bagi2 souvenir buat kenang2 kenangan antar kompetitor. Ada yang kasih pulpen, ada yang kasih gantungan kunci, ada yang kasih pin. Kalo gw dari INdonesia sih cuma kasih pin, sebenernya gw ama si Iqbal temen gw udah beliin souvenir seruling kecil2 buat dibagi2 sebanyak 40an biji eh pas acaranya lupa nggak dibawa dasar bego. Ni sebagian foto gw pas di tempat kompetisi bareng temen gw Iqbal ama trainer gw ci AO😀
tunggu lanjutannya …. ^_^

a simple man

Tagged with: , , , ,
Posted in Experience
One comment on “Sebuah Kemenangan di Asia Tenggara (Cont …)
  1. dynah says:

    wahh.. intinya gw bangga sama u deh kris.. kita bertiga nampang kek disini..
    hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2008
M T W T F S S
    Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Blog Stats
  • 72,744 hits
%d bloggers like this: