Near Field Communication

Sekarang gw bakal sharing sedikit info tentang teknologi baru + topik skripsi gw😛 judulnya Sistem M-Fly yang sempet masuk Top 10 Karya Inovativ Indosat 2008.  M-Fly adalah skripsi gw yg nerapin penggunaan teknologi Near Field Communication dan Mobile ticket untuk reservasi tiket penerbangan, tapi masih blon menang huhuhu, tenang taun depan gw bakal ikut lagi event ini !!!!!
iwic 2008
Near Field Communication …. pasti banyak yang tanya2 apa itu Near Field Communication … ya kalo diterjemahin gampangnya komunikasi dengan jarak pendek …. mmmm masih blon ngerti and blon kebayang juga kayak gimana hehehe gampang coba cari aja di wikipedia😛.

Near Field Communication merupakan teknologi penerus Java Card dan teknologi RF.  Pasti dateng pertanyaan lagi apa tuh Java Card apa tuh RFID … hehe coba kalian liat gambar di bawah ini

flazz bca

Nah mungkin kalo udah gw kasih liat gambar di atas kalian pasti tau apa itu.  Yap itu adalah kartu Flazz BCA. Kartu ini dipakai buat pembayaran sebagai ganti uang tunai.  Nah sebenernya kartu Flazz BCA ini adalah kartu Java Card…. dimana kita bisa menginstall aplikasi dan mengisi data ke dalam kartu ini.  Kenapa kita bisa install dan mengisi data ke dalam kartu ini , karena di dalam Java Card terdapat microprocessor dan memory seperti layaknya di komputer cuma kemampuannya dan muatannya lebih kecil nggak sehebat komputer.

Karena ada microprocessor and memory di dalam kartu ini maka kartu ini secara tidak langsung dapat “berpikir” sehingga kita bisa membuat aplikasi (kalo gw sih bikin pake java) dan menginstall aplikasi tersebut ke dalam kartu ini. Nah jadi pas kalian lakuin pembayaran ke counter sebenernya ada aplikasi yang bekerja di dalam kartu untuk get nilai sama set nilai uang kalian dari kartu.  Cara pembayarannya pun cuma tinggal deketin (tap) ke alat pembaca…  cara seperti ini disebut dengan “contactless transaction”.  Jadi dengan cara deketin kartu beberapa cm dari alat, transaksi bisa dilakukan.  Teknik seperti ini sebenernya menggunakan teknologi Radio Frequency (RF), ini dimungkinkan karena kartu Java Card untuk yg Flazz BCA punya antenna yg dapat menerima gelombang alat pembaca kartu.  Untuk yg pengen tau  lebih jauh tentang teknologi RF silahkan buka wikipedia😛. Struktur kartu dalamnya kayak ini nih

contactless smartcard

Nah jenis kartu yang dipake buat Flazz BCA itu jenis kartu “pasif” maksudnya adalah kartu tersebut menerima gelombang dari alat pembaca kartu lalu kartu mengubah gelombang tersebut jadi medan listrik di dalam kartu yg dipergunakan untuk menjalankan proses aplikasi kartu.

Nah di negara2 maju seperti negara2 di benua Eropa dan negara Jepang ada penggabungan teknologi Java Card, Radio Frequency dan handphone menjadi satu.  Teknologi ini dikenal kalo di Eropa ya …. itu namanya teknologi Near Field Communication (NFC), jadinya perangkat handphone di sana bisa dipergunakan untuk contactless transaction seperti layaknya Flazz BCA.  Contoh gambarnya ada di bawah ini

NFC

Jadi NFC ato gampangnya komunikasi jarak pendeknya itu dipake buat transaksi.  Di dalam handphone sama vendor udah dipasang alat RF reader, RF writer dan chip smart card (Java Card).  Handphone ini itu bisa dipake antara lain buat transaksi micropayment (transaksi dalam jumlah kecil), transportasi seperti pembelian tiket, pembaca smart poster (poster yang dipasang Radio Frequency Tag, yg mengandung informasi tertentu).  Contohnya yg diatas untuk pembayaran.  Terus dibawah ini handphone NFC buat transportasi, orang lagi mo naik kereta tiketnya pake handphone karena e-ticket

NFC transport

Terus di bawah ini handphone bisa retrieve (baca / ambil) data dari sebuah poster yg ada RF Tagsmart poster

nah di atas itu ceritanya ada poster yg nyimpen data. Pas handphone nya di deketin ke poster data masuk ke handphone.  Datanya ya berupa url link ke website promo yg berkaitan dengan poster tersebut.

Untuk Indonesia sendiri masih pada tahap Java Card technology yg diterapin sama BCA, tapi kalo di negara2 Eropa ama Jepang (NT Docomo) itu udah pada terapin NFC ato Near Field Technology ini buat transaksi, beli tiket transportasi, smart poster, pertukaran data antar handphone secara tagging.

Untuk video demo nya ada link di bawah ini

http://www.nfc-forum.org/resources/multimedia/

Nah gitu deh perkembangan teknologi mobile terbaru di negara2 lain.  Kapan ya Indonesia bisa kejar ketinggalan kalo di negara lain udah pake handphone tapi di Indonesia masih pake kartu contactless😛, just kidding.

Near Field Communication Developer Team

skripsi

Selamat Jalan Laskar Legenda ku !!!, Semoga kita bertemu pada titik perjuangan di suatu waktu nanti, Dimana cita dan impian merupakan lencana kebanggaanmu

a simple man

Tagged with: , ,
Posted in Experience, Knowledge
3 comments on “Near Field Communication
  1. unduk says:

    Wuih…, sampeyan memang hebat pak.
    Teknokrat muda nan tangguh.
    Mungkin nanti kalo teknologi ini sudah bisa diproduksi dengan biaya yang luar biasa murah (khusus indonesia murah saja tidak cukup), kita akan liat NFC dipake oleh mbok-mbok bakul di semua pasar di indonesia🙂
    amiiiiiiiinnn

  2. Jimmy says:

    Hi Khrisna, gw lg mo buat paper mengenai NFC, bisa tolong dijelasin bedanya NFC dan RF Sim Card kah, bisa cek di sini http://www.rfid-blog.com/?p=118 itu artikel mengenai Battle of RF-SIM and NFC di China

    Thanks ya, bisa langsung ke email aja

  3. Dan T. says:

    Nice post,🙂
    anyway, yang saya tangkap antara beda penggunaan teknologi javacard sama nfc, kalo javacard mikroprosessor ada pada kartunya sendiri, sehingga komputasi ataupun penyimpanan data sangat terbatas banget. Tapi kalo nfc, bisa pake tag ya, dan reader nya pake smartphone yang ada nfc nya, jadi komputasi ataupun data storage lebih gedhe.

    Bisa bisa, semua transaksi nanti bakalan lewat hp, dan tentunya aspek security menjadi sangat penting ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

February 2009
M T W T F S S
« Dec   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  
Blog Stats
  • 72,745 hits
%d bloggers like this: